Rabu, 30 Oktober 2013

Maintenance dan Inspeksi Listrik untuk Mencegah Terjadinya Korsleting Listrik

Kebakaran sebagai salah satu bencana yang banyak terjadi di Indonesia, banyak diakibatkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Karena itu sangat perlu untuk diwaspadai. Hal-hal yang berkaitan dengan instalasi listrik dan komponen listrik yang digunakan perlulah untuk diperhatikan. Sebagai kebutuhan yang sangat krusial sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, instalasi listrik pun membutuhkan perawatan dan pemeliharaan. Namun hal tersebut sering diabaikan. Jika tidak terjadi apa-apa terhadap instalasi listrik tersebutbiasanya hanya dibiarkan begitu saja. Padahal listrik pun membutuhkan perawatan layaknya tubuh manusia yang membutuhkan nutrisi dan asupan gizi. Meskipun tidak memiliki tingkat intensitas yang sangat sering, pemeliharaan, pengecekan atau inspeksi listrik pada instalasi listrik perlu dilakukan minimal dua tahun sekali. Itu pun hanya boleh dilakukan oleh ahli dalam bidang kelistrikan.

Namun dalam kehidupan keseharian pun perlu diperhatikan beberapa hal berikut. Jangan melakukan penumpukan steker pada satu sumber listrik yang sama. Gunakan pemutus arus listrik atau sekering dengan daya yang tersambung, serta jangan dilebihkan atau dikurangi. Jika ada kabel yang terkelupas, segera perbaiki atau diganti dengan yang baru. Dan yang paling penting adalah penggunaan material listrik sepertisteker, saklar, kabel, stop kontak, dll, yang aman dan mudah untuk digunakan, sertamemenuhi standar pemakaian. Misalnya penggunaan brand T & J Electric yang memenuhi kualitas standar internasional. Perusahaan yang mengembangkan produk saklar dan switches bertegangan rendah ini sudah merambah pasaran Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Asia.

T & J Electric di Indonesia bisa didapatkan melalui distributornya, yaitu PT Libratama. Perusahaan ini merupakan penyedia brand industrial maintenance dengan berbagai macam produk yang ditawarkannya, yaitu battery diagnosis,kompresor, peralatan yang berbasis pneumatik, ceramic coating, tank linings, dan masih banyak lagi produk-produk lainnya. Perusahaan ini telah menjadi pelopor sebagai perusahaan yang sangat peduli pada pemeliharaan mesin, khususnya untuk industri (industry maintenance).

0 komentar:

Posting Komentar